Bantu Sebarkan !! Ini Dia 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Indonesia . . Nomer 6 Sedikit Yang Tahu

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Akhir-akhir ini, hampir diseluruh pelosok tanah air sedang ramai dibicarakan tentang program bela negara yang dicetuskan oleh Kabinet Jokowi-JK. Ada banyak tanggapan atas kebijakan baru tersebut. Ada yang pro namun tak sedikit pula yang kontra. Bahkan menyamakan bela negara dengan wajib militer.



Apakah semenstrim itu program bela negara di Indonesia. Dari penjelasan Wikipedia kita bisa melihat pengertian bela negara itu apa?
Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan-undangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.
Jika disimpulkan oleh orang awam, Indonesia ini ingin dijadikan layaknya Amerika yang menjunjung tinggi nilai-nilai patriotisme. Orang Amerika sangat bangga ketika mereka telah melakukan sesuatu yang heroik. Tidak salah kalau negara Paman Sam itu telah melahirkan banyak film-film super hero.
Lalu, perlukah bela negara dilakukan di Indonesia?
Sebelum menjawab pertanyaan itu. Bicara.ID hanya ingin memberi gambaran, bahwa negara ini sangat penuh dengan hal-hal yang patut dibanggakan, sehingga sudah selayaknya setiap yang hidup di negeri ini mencintainya. Apa saja? Mari disimak 10 alasan mengapa kita harus mencintai Indonesia

 Lalu, perlukah bela negara dilakukan di Indonesia?
Sebelum menjawab pertanyaan itu. Bicara.ID hanya ingin memberi gambaran, bahwa negara ini sangat penuh dengan hal-hal yang patut dibanggakan, sehingga sudah selayaknya setiap yang hidup di negeri ini mencintainya. Apa saja? Mari disimak 10 alasan mengapa kita harus mencintai Indonesia:
Lalu, perlukah bela negara dilakukan di Indonesia?

Sebelum menjawab pertanyaan itu. Bicara.ID hanya ingin memberi gambaran, bahwa negara ini sangat penuh dengan hal-hal yang patut dibanggakan, sehingga sudah selayaknya setiap yang hidup di negeri ini mencintainya. Apa saja? Mari disimak 10 alasan mengapa kita harus mencintai Indonesia:

1. Indonesia Punya Bhineka Tunggal Ika
Alasan pertama yang seharusnya kita banggakan adalah semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Semboyang ini membuktikan beraneka ragamnya budaya, suku dan agama di Indonesia. Dibalik keberagamannya itu, kita patut berbangga karena hingga saat ini kita masih bersatu dibawah nama Indonesia.

Walau dibeberapa kesempatan ada riak-riak yang muncul, namun keberagaman ini tetap bisa disatukan. Dari Sabang sampai Merauke terbentang kekayaan alam negara, seperti hasil laut, tambang, rempah-rempah, dan kebudayaan yang merupakan kekayaan utama negeri ini.
Kekayaan alam Indonesia bahkan telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai negara dengan tingkat biodeversitas kedua tertinggi setelah negara kawasan Amerika Selatan, Brazil. Hal ini membuktikan Negara Indonesia kaya akan berbagai sumber daya alam.

2. Negara Tropis Paling Ideal
Kita harusnya berbangga karena negara ini hanya mengenal dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Bayangkan kalau negara ini juga mengenal empat musim. Bisa jadi tidak setiap saat kita bisa menikmati indahnya pantai atau sejuknya pegunungan.

Karena letaknya di 6 derajat LU (Lintang Utara)-11 derajat LS (Lintang Selatan) dan antara 95 derajat BT (Bujur Timur)- 141 derajat BT (Bujur Timur), maka Indonesia menjadi salah satu negara tropis yang ideal. Negara tropis adalah negara yang hangat dengan sinar matahari yang melimpah.

Orang Eropa bahkan rela mengeluarkan uang lebih hanya untuk menikmati hangatnya udara tropis, kita di Indonesia setiap hari menikmatinya dengan gratis dan melimpah pula. Status negara tropis inilah yang menjadikan negeri ini subur dan didaulat sebagai paru-paru dunia.
3. Negara Maritim Paling Makmur
Indonesia terletak diantara 2 benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan 2 samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Letak geografis inilah yang membuat negara ini dijuluki negara maritim yang makmur, karena memiliki perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% dari total panjang pantai di seluruh dunia.

Karena posisi ini, Indonesia menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik di darat, udara, maupun laut. Seandainya saja, semua potensi kemaritiman ini dimaksimalkan, bisa dibayangkan makmurnya negara ini. Bagaimana tidak, Indonesia adalah negara yang menjadi penghubung lalu lintas perdagangan dunia.

Letak geografis ini pulalah yang menyebabkan beragamnya flora dan fauna, jenis tanah, vegetasi, dan sebagainya di Indonesia. Kita semua tahu, bahwa salah satu lokasi terumbu karang paling besar dengan jenis yang banyak ada di Indonesia, yakni di Raja Ampat, Papua.

4. Negara Kepulauan Terbesar di Dunia
Indonesia punya 34 provinsi, dengan total 17.504 pulau. Sebanyak 9.634 pulau hingga saat ini belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Saking banyaknya, bahkan Indonesia kelimpungan mengurusnya satu-satu, sehingga tidak sedikit yang malah diambil oleh negara tetangga.
Ternyata predikat sebagai negara maritim dengan kepulauan terbesar di dunia belum cukup. Indonesia juga menyimpan kekayaan lain, yakni 3 dari 6 pulau paling besar di dunia. Katiganya yakni, Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2 disusul Sumatera dengan luas 473.606 km2 dan Papua dengan luas pulau 421.981 km2.

Setiap provinsi dan pulau dinegeri ini menyimpan ragam budaya dan hasil bumi yang berbeda-beda. Semua itu harusnya dibanggakan, karena belum tentu ada di negara lain.

5. Gudangnya Warisan Budaya Dunia
keanekaragaman budaya dan bahasa di Indonesia sangat patut kita banggakan. Dari 981 situs warisan budaya dunia yang tercatat oleh UNESCO, Indonesia menyumbangkan sebanyak 13 buah warisan budaya dunia. Diantaranya 4 warisan alam; 4 cagar budaya; dan 5 karya budaya tak benda.

4 warisan alam yang tercatat oleh UNESCO adalah Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz di Papua dan Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera di Sumatera. Sementara untuk cagar budaya, Indonesia mencatat empat situs yakni Kompleks Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs Prasejarah Sangiran dan Lanskap Budaya Provinsi Bali, utamanya Sistem Subak sebagai Perwujudan dari Filosofi Tri Hita Karana.

Sementara untuk warisan budaya dunia yang merupakan karya budaya tak benda, Indonesia juga menyumbang enam koleksi yakni Wayang, Keris, Batik, Angklung, Tari Saman dan Noken. Dari semua hal itu, masih banyak lagi warisan budaya yang patut dibanggakan.

6. Indonesia Punya Yang Terkecil, Terbesar dan Terpanjang
Salah satu yang harusnya makin membuat kita cinta kepada Indonesia yakni keanekaragaman hayatinya. Jumlah flora dan fauna Indonesia sangat banyak. Jumlah mamalia di Indonesia mencapai 515 jenis atau 12 % dari jenis mamalia dunia, reptilia 511 jenis atau 7,3 % dari jenis reptilia dunia dan jumlah burung 1.531 jenis atau 17 % jenis burung dunia.

Indonesia juga mencatat memiliki amphibia 270 jenis, binatang tak bertulang 2.827 jenis dan tumbuhan 38.000 jenis. Dari total itu, Indonesia masih memiliki binatang purba yang masih hidup hingga sekarang yakni Komodo. Indonesia juga punya Bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera sebagai bunga terbesar di dunia.

Tidak sampai disitu saja, negara ini juga kaya akan reptilnya, tak heran kalau Indonesia memiliki ular Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi yang dinobatkan sebagai ular terpanjang di dunia dan Tarsier Pygmy atau Tarsier Gunung, primata terkecil di dunia dengan panjang hanya 10 cm. Ikan terkecil di dunia pun ada di Indonesia, besarnya hanya seperti nyamuk dengan tubuh yang transparan.

7. Indonesia Salah Satu Negara Tertua di Dunia
Indonesia masuk dalam daftar 100 negara tertua di dunia. Posisinya di urutan ke 70. Namun, Indonesia menjadi negara pertama yang merdeka setelah perang dunia berakhir. Hal ini kemudian dijadikan rujukan oleh negara-neraga lain untuk memerdekakan dirinya masing-masing.

Indonesia juga adalah negara pertama dan hingga saat ini menjadi satu-satunya negara yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 7 Januari 1965. Indonesia kembali bergabung ke PBB pada tahun 1966. Dijaman Presiden Soekarno bahkan Indonesia merupakan inisiator terbentuknya konferensi Asia Afrika.

8. Negera Kreatif dan Berprestasi
Catatan soal ini tidak akan mampu ditulis satu persatu. Namun yang patut dibanggakan adalah Tim bulutangkis Indonesia hingga kini masih menjadi yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 kali sejak pertama dikali dimulai.

Yang tak kalah membanggakannnya adalah gamelan. Gamelan menjadi kurikulum sekolah di New Zealand, Singapura, Amerika Serikat dan Jepang. Kita juga punya banyak penemu, salah satunya adalah Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) yang berhasil menemukan alat pembasmi kanker otak.

Kita juga patut berbesar hati, karena anak bangsa ini bahkan telah menjadi salah satu presiden di negara lain yakni di Singapura. Adalah Yusof Bin Ishak yang menjadi presiden Singapura pada tahun 1959. Yusof adalah putra asli Sumatra Barat dan bahkan hingga kini gambarnya dijadikan uang dollar Singapura.

9. Punya Bahasa dan Makanan Terbanyak
Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki suku terbanyak. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis di negeri ini dengan jumlah paling banyak berada di Tanah Papua, sebanyak 270 suku. Dari ratusan suku itu, terdapat pula ratusan bahasa.

Terdapat 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Walau berbeda bahasa sehari-hari, orang-orang Indonesia tetap bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Itulah hebatnya negeri ini. Dari sekian banyak bahasa pemakai bahasa Jawa-lah yang terbanyak.

Negara ini juga kaya akan jenis makanan. Dalam satu suku saja bisa terdapat dua atau lebih jenis makanan khas yang tidak sama dengan suku lainnya. Jadi bisa dibayangkan, jumlah jenis kuliner di negeri ini sangat banyak. Keanekaragaman rempah juga kian memperkaya khasanah kuliner Indonesia.

10. Indonesia Punya Kita
Alasan ke sepuluh yang takkalah pentingnya adalah kita, aku, kamu dan mereka. Inilah yang patut kita banggakan, karena negeri ini bukan milik orang Amerika, bukan milik Australia atau Malaysia. Negara ini punya kita dan memiliki kita. Jika ingin tetap tenang menikmati udaranya, maka tak ada jalan lain untuk mencintainya.
Tentu saja ada banyak alasan yang harusnya ditulis agar kita mencintai negeri ini. Setiap orang berbeda, namun satu yang pasti, kita akan mencintai rumah yang memberi kita keteduhan di teriknya siang dan memberi kehangatan di dinginnya malam.

(Baca Juga: Mengapa Harus Menggunakan Domain .ID?)

Setelah sekian banyak alasan mengapa harus mencintai Indonesia, kembali lagi ke pertanyaan, apakah perlu negeri ini memberlakukan wajib bela negara, ataukah kita perlu mengikuti program itu. Jawabannya tentu saja akan terus berbeda bagi tiap kepala. Satu yang pasti, bahwa Indonesia ini harus dicintai dan merawatnya.







Sumberhttp://bicara.id/10-alasan-mengapa-harus-mencintai-indonesia/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bantu Sebarkan !! Ini Dia 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Indonesia . . Nomer 6 Sedikit Yang Tahu"

Posting Komentar